PCM ADIWERNA

PCM ADIWERNA
Drs. Fatkhuri Saat Pelantikan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Adiwerna

BULETIN DAKWAH


IMAM MENGHADAP MAKMUM SETELAH SHALAT
Pertanyaan Dari:
Ibrahim Sa’id, BA / Irsyad, NBM 482.005, anggota Muhammadiyah Cabang Serijabo
(disidangkan pada hari Jum'at, 17 Zulhijjah 1430 H / 4 Desember 2009)
Pertanyaan:
Assalamu 'alaikum Wr. Wb.
Mohon penjelasan tentang dalil yang terdapat dalam HPT cetakan ke 3 hal 139 No. 27 tentang Nabi Muhammad saw apabila telah selesai mengerjakan shalat beliau menghadapkan mukanya kepada makmum.
1. Apakah beliau menghadapkan mukanya tanda komentar, apakah ada yang di sampaikannya kepada makmum?
2. Apakah kita harus melakukan seperti itu juga?
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.
Jawaban:
Sebelum kami menjawab pertanyaan saudara, berikut ini kami kutip hadis yang terdapat dalam Himpunan Putusan Tarjih Cetakan ke-3 hal 139 No. 27, sebagai berikut:
لِمَا رَوَاهُ الْبُخَارِِِِِى عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ قَال كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى صَلاَةً أَقْبَلَ عَلَيْنَا بِوَجْهِهِ
Artinya: Karena hadis riwayat Bukhari dari Samurah, berkata: “adalah Nabi SAW, apabila telah selesai shalat, beliau menghadapkan mukanya kepada kita” [HR. Bukhari]
Hadis di atas menunjukkan atas disyariatkannya seorang imam menghadap ke makmum setelah selesai shalat, dan senantiasa melakukan hal tersebut.
Tentang hikmah atau tujuan Nabi saw melakukan hal itu, ada beragam pendapat. Ada yang mengatakan bahwa menghadapnya imam kepada makmum setelah shalat bertujuan untuk memberikan pelajaran tentang hal-hal yang diperlukan makmum, sehingga dikhususkan bagi orang yang mendapati keadaan seperti Rasulullah saw ini memiliki kecakapan untuk mengajarkan dan memberi nasehat. Ada pula yang berpendapat bahwa hal itu untuk mengetahui selesainya shalat, karena sekiranya imam senantiasa pada duduknya setelah shalat, maka bias jadi difahami bahwa imam masih dalam tasyahud (belum selesai shalat). (Lihat Nailul-Authar, jilid 2 hal 326)
Ibn Qudamah di dalam kitab al-Mughni jilid 1 halaman 561 mengatakan bahwa berubahnya arah duduk imam adalah untuk memastikan telah selesainya shalat itu bagi imam. Hal ini agar makmum bisa memastikan bahwa imam telah benar-benar selesai dari shalatnya. Sebab dengan mengubah arah duduk, imam akan meninggalkan arah kiblat dan hal itu jelas akan membatalkan shalatnya.
Ada pula pendapat yang mengatakan bahwa dengan menggeser arah duduk ke belakang atau ke samping, berarti imam sudah yakin 100% bahwa rangkaian shalatnya sudah selesai seluruhnya dan terputus. Tidak sah lagi apabila tiba-tiba ia teringat mau sujud sahwi atau kurang satu rakaat. Demikian disebutkan di dalam kitab Hasyiyatu Ibnu Qasim 'alar-Raudhah jilid 12 halaman 354-355.
Zain ibn Munir berpendapat bahwa membelakanginya imam kepada makmum itu adalah hak seorang imam, dan apabila shalat telah selesai maka hilanglah alasan untuk membelakangi makmum. Seorang imam yang menghadap kepada makmum saat itu adalah untuk menghilangkan kesombongan dan perasaan angkuh terhadap makmum. (Lihat Nailul-Authar, jilid 2 hal 326)
Selanjutnya, mengenai apakah Rasulullah saw memberi komentar atau tidak pada saat menghadap makmum, ada beberapa hadis yang menjelaskan tentang hal tersebut. Salah satunya seperti yang dikisahkan dalam sebuah hadis Nabi saw dari Yazid bin al-Aswad, sebagaimana tersebut di dalam Kitab Nailul-Authar, 2: 354:
وَعَنْ يَزِيدَ بْنِ اْلأَسْوَدِ قَالَ: حَجَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَجَّةَ الْوَدَاعِ قَالَ: فَصَلَّى بِنَا صَلاَةَ الصُّبْحِ، ثُمَّ انْحَرَفَ جَالِسًا فَاسْتَقْبَلَ النَّاسَ بِوَجْهِهِ وَذَكَرَ قِصَّةَ الرَّجُلَيْنِ اللَّذَيْنِ لَمْ يُصَلِّيَا...  [رواه أحمد وأبو داود والنسائى والترمذى]
Artinya: “Diriwayatkan dari Yazid ibn al-Aswad, ia berkata:“Kami ikut haji wada’ bersama Rasulullah saw, kemudian Yazid berkata: Lalu beliau shalat subuh bersama kami kemudian beliau berpaling sambil duduk dan menghadap kepada makmum, kemudian beliau menceritakan kisah dua orang pemuda yang tidak ikut shalat berjamaah … .” [HR. Ahmad, Abu Dawud, an-Nasa'i, dan at-Tirmidzi ]
At-Tirmidzi menyatakan bahwa hadis tersebut tergolong hadis dengan derajat Hasan Shahih. Menurut at-Tirmidzi, Abu Dawud, dan an-Nasai, kisah yang diceritakan Nabi saw adalah tentang dua orang pemuda yang tidak ikut shalat berjamaah sedangkan keduanya berada di masjid, dan menyuruh kedua pemuda tersebut untuk menghadap kepada beliau. Maka setelah beliau shalat subuh bersama sahabat pada haji wada’, Rasulullah saw menghadap makmum dan menceritakan tentang kedua pemuda tersebut.
Dari hadis di atas dapat disimpulkan bahwa setelah Nabi saw shalat, beliau menghadap makmum dan terkadang memberi komentar atau nasehat.
Adapun mengenai apakah kita harus melakukan seperti yang Nabi saw lakukan, sebagai umat Islam yang menjadikan Nabi Muhammad saw sebagai uswatun hasanah (suri teladan yang baik) dalam segala bidang, khususnya dalam masalah yang berkenaan dengan ibadah shalat, maka hal itu menjadi teladan dan layak diikuti dalam setiap mengerjakan shalat berjamaah. Namun demikian, dari segi hukum apa yang dilakukan oleh Nabi saw tersebut tidak sampai kepada hukum wajib, tetapi sunnah atau dianjurkan.
Wallahu a'lam bish-shawab. *putm)



DAKWAH DI ERA TEKOLOGI INFORMASI
Nurohman, S.Pd.I*)
Dakwah pada pokoknya berarti ajakan atau panggilan yang diarahkan pada masyarakat luas untuk menerima kebaikan dan meninggalkan keburukan/kejelekan. Dakwah merupakan usaha untuk menciptakan situasi yang lebih baik sesuai dengan ajaran Islam di semua bidang kehidupan. Dipandang dari kacamata dakwah, kehidupan manusia merupakan suatu kebulatan. Sekalipun kehidupan dapat dibedakan menjadi beberapasegi, tetapi dalam kenyataan kehidupan itu tidak dapat dipisah-pisahkan.
Para Rasul dan Nabi adalah tokoh-tokoh dakwah yang paling terkemuka dalam sejarah umat manusia. Mereka adalah pendakwah-pendakwah yang sempurna. Dibandingkan dengan para Rasul dan Nabi itu, kita memang bukan apa-apa. Akan tetapi kita boleh sedikit berbangga bahwa pada hakikatnya kita telah berusaha memilih jalan untuk bergabung dengan para Rasul dan Nabi, sehingga dapat dikatakan, Insya Allah kita semua termasuk rombongan para kekasih Allah.
Kita bukan pengikut Karl Marx atau Vladimir Lenin. Kita juga tidak akan pernah mengikuti faham-faham hidup yang menyesatkan, apakah itu sekularisme, hedonisme, dan lain sebagainya. Akan tetapi kita mengikuti Rasul yang kita cintai Nabi Muhammad SAW. Konsekuensi dari pilihan kita itu adalah bahwa kita harus senantiasa berusaha mengikuti jejak langkah Rasulullah SAW, termasuk jejak langkah beliau dalam menggerakkan dakwah, amar ma’ruf nahi munkar.
Dewasa ini kita hidup pada zaman atau era yang dinamakan zaman informasi, komunikasi dan globalisasi. Bila kita bicara tentang era informasi maka secara jujur kita harus akui bahwa pada umumnya umat Islam belum bersikap information minded. Pada umumnya organisasi-organisasi Islam masih menggunakan pola kerja tradisional di mana pentingnya informasi belum dianggap sebagai unsure mutlak dalam perencanaan dakwah. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa perencanaan dakwah masih didasarkan atas perkiraan-perkiraan belaka. Informasi tentang medan atau lapangan dakwah tidak dimiliki dengan baik. Selain perencanaan dakwah yang akurat menjadi mustahil tanpa informasi yang cukup, maka tahapan evaluasi terhadap proses dakwah juga tidak mungkin dilaksanakan dengan baik. Bagaimana mungkin kita dapat membandingkan anata before dan after proses dakmah bilamana gambaran tentang situasi lapangan tidak kita miliki?.
Kita seringkali melihat bagaimana televisi (apalagi dilengkapi dengan saluran yang berlangganan) telah berhasil memborong sebagian besar waktu para anggota keluarga dan bahkan telah berhasil mendiktekan citra apa saja, yang baik maupun yang buruk. Masyarakat modern tidak mungkin lagi dipisahkan dari televisi, malah tidak dapat dibayangkan lagi tanpa ada televisi. Di samping itu menjamurnya warnet di mana-mana sedikit ataupun banyak telah memberikan dampak yang merubah satu sisi kehidupan masyarakat kita. Tidak hanya orang tua anak-anak SD samapai SMA lebih banyak menghabiskan waktu mereka di depan komputer hanya untuk bermain game online, facebook, ataupun twitter.
Dari uraian singkat di atas ada beberapa “pekerjaan rumah” yang perlu kita selesaikan supaya dakwak Islamiyah di era teknologi informasi sekarang tetap relevan, efektif, dan produktif.
Pertama, perlu ada pengkaderan yang serius untuk “memproduksi” juru-juru dakwah dengan pembagian kerja yang rapi. Ilmu tabligh belaka tidak cukup untuk mendukung proses dakwah. Diperlukan pula berbagai penguasaan ilmu-ilmu ternologi informasi (TI) yang terkini.
Kedua, setiap organisasi Islam yang berminat dalam tugas-tugas dakwah perlu membangun laboratorium dakwah. Dari hasil “labda” ini akan dapat diketahui masalah-masalah riil di lapangan dan dari situ, dengan melihat potensi yang dimiliki oleh organisasi-organisasi yang bersangkutan, dapat dijawab pertanyaan: apa yang dapat kita lakukan?
Ketiga, proses dakwah tidak boleh lagi dibatasi sebagai dakwah bil-lisan, tetapi harus diperluas dengan dakwah bil-hal, dan lain sebagainya.
Keempat, media masa cetak dan terutama media elektronik harus dipikirka sekarang juga. Media elektronik yand dapat menjadi wahana atau sarana dakwah perlu dimiliki umat Islam. Bila udara Indonesia di masa depan dipenuhi oleh pesan-pesan agama lain dan sepi dari pesan-pesan Islami, maka sudah tentu keadaan seperti ini tidak menguntungkan bagi peningkatan dakwah Islam di tanah air kita.
Kelima, merebut remaja Indonesia sekarang ini adalah tugas dakwah Islam jangka panjang.  Anak-anak dan remaja kita adalah aset yang sangat berharga yang tak ternilai bagi kita semua. Merekalah yang akan menjadi penerus tongkat estafet pembawa panji-panji Islam. Kita boleh saja memberikan teknologi kepada mereka, tetapi kitapun harus mengerti teknologi yang kita berikan. Mereka wajib kita selamatkan dari pengikisan akidah yang dapat terjadi karena “invasi” nilai-nilai non-Islami ke dalam jantung berbagai komunitas Islam di Indonesia yang tidak kita sadari. Barangkali, dengan menyubiurkan TK Al-Quran dan Taman Pendidikan AlQuran adalah salah satu jawaban pokok. Bila anak-anak dan remaja memiliki benteng yang tangguh (al-husun alhamadiyyah) dalam era globalisasi dan informasi sekarang ini, insya Allah masa depan dakwah kita akan tetap ceria. Wallahu’alam.*****
*) Sekretaris Majelis Tabligh PDM Kabupaten Tegal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar