PCM ADIWERNA

PCM ADIWERNA
Drs. Fatkhuri Saat Pelantikan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Adiwerna

Senin, 07 Mei 2012

PCM Adiwerna Mengikuti Pelatihan Robotika di Kendal

                            Sejak bergabungnya Sekolah - sekolah Muhammadiyah dilingkungan PCM Adiwerna dengan komunitas Jaringan Sekolah Muhammadiyah  yang masih dalam proses rintisan untuk menjadi sebuah komunitas berskala Nasional menyebabkan semester ini seluruh komponen sekolah disibukkan dengan berbagai macam acara mulai Magang, Pengajian wajib, Seminar Nasional, Sarasehan dan lomba-lomba antar sekolah-sekolah Muhammadiyah.
                            Salah satu hasil dari Sarasehan Nasional di Ponpes Darul Arqom Patean Kendal adalah diadakannya workshop dan perlombaan robotika tingkat Nasional yang untuk tahap awal diikuti oleh seluruh sekolah yang termasuk dalam daftar Jaringan Sekolah Muhammadiyah dibawah komando Prof. Dr. Imam Robandi M.T. sebagai upaya untuk meningkatkan citra sekolah-sekolah Muhammadiyah sehingga dapat bersaing di tingkat Nasional bahkan Global. pada acara tersebut diselenggarakan Workshop dan Pelatihan Robotika untuk Guru dan siswa dan lomba antara lain Robot Land Tracer Analog dan Robot Run. dan diikuti oleh 200 an Peserta baik dari guru maupun siswa.

                            Sebagai wujud dari komitmen bersama tersebut maka PCM Adiwerna mengirimkan peserta yang terdiri dari 3 orang guru yaitu Syaeful Imam, S.T, (SMK Muhammadiyah Adiwerna), Sobirin S.Pd. dan Imam Subekti (SD Muhammadiyah 2 Budi Mulia Adiwerna), Sembilan Orang siswa SD Muhammadiyah 2 Budi Mulia Adiwerna ) dan 4 Orang pendamping dari Guru SD Muhammadiyah 2 Budi Mulia Adiwerna. Seluruh peserta kemudian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok Workshop Pelatihan Robotika untuk Guru dan Untuk Siswa sedangkan untuk Sesi Lomba untuk sementar tidak diikuti karena ini adalah kali pertama Guru siswa sekolah dilingkungan PCM adiwerna mengenal robotika.
                           Perjalanan para peserta dari PCM Adiwerna yang direncanakan mulai jam 08.00 pagi ternyata harus mundur samap 11.00 siang dikarenakan harus menunggu pendamping Pengganti dari SD Muhammadiyah 2 Budi Mulai Adiwerna dengan 2 Mobil milik PCM Adiewerna dan Panti Asuhan Zaenab Masykur. Setelah menempun perjalanan yang cukup panjang dan heboh dengan  celotehan anak-anak di bangku belakang akhirnya rombongan sampai dengan selamat di Ponpes Darul Arqom Patean Kendal yang menjadi tempat berlangsungnya acara.
                          Acara Pembukaan dilakukan pada malam harinya dan dibuka oleh KH Masnun Tholab selaku Ketua PWM Jawa Tengah sedangakan untuk pelatihan dan lomba sendiri baru dilaksanakan pagi harinya.Acara Pelatihan dimulai dengan pengenalan tentang pengertian Robot, Sejarah Robotika di dunia dan di Indonesia serta Perkembangan dan even-even perlombaan Robotika tingkat Nasional maupun internasioal. Setelah itu peserta dibagi 2 untuk guru - guru Pelatihan ditempatkan di Mts Muhammdiyah Patean yang masih satu komplek dengan Pondok Pesantren dan untuk Pelatihan siswa dan lomba - lomba di komplek Ponpes Darul Arqom.
                          Secara umum Pelaksanaan Workshop sangat menyenangkan dan memuaskan bahkan anak-anak sampai lupa dengan ortunya di rumah demikian juga para guru asyik dengan "Mainan" barunya sampai-sampai pada sesi terakhir pada hari Ahad Pak Arief dari komunitas robotika sidoarjo yang memberikan pelatihan sampai berkali-kali berusaha menghentikan keasyikan bermain robot karena acara penutupan akan segera dimulai. Walaupun ada sedikit kekecewaan karena sebagian peserta dan siswa tidak bisa membawa robotnya ke rumah karena stok terbatas akibat jumlah peserta yang diluar perkiraan Panitia.
                          Acara Penutupan dilakukan pada hari Ahad oleh Bpk Mulyana dari SD Muhammadiyah Pucang sekaligus diberikan penghargaan bagi para pemenang lomba sekaligus Peserta Workshop terbaik untuk siswa dan Guru. Alhamdulillah pada kesempatan Penutupan tim dari PCM Adiwerna diberi kehormatan untu mendemokan robot nya dan memperoleh penghargaan sebagi peserta terbaik diantara peserta-peserta guru yang lainnya.

                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar